Sejak pandemi, masalah gigi tidak lagi menjadi prioritas untuk diperiksakan. Mengapa demikian? Karena kita tahu bahwa pemeriksaan gigi akan melibatkan droplet yang sarat akan kuman. Tahu sendiri kan, pandemi ini terjadi karena adanya patogen yang berpindah melalui droplet? Maka sudah barang tentu, tempat praktik dokter gigi adalah salah satu tempat yang dihindari agar tidak terjadi penularan.

Namun, apakah ini berarti kita harus sangat-sangat menjaga kebersihan gigi, tidak makan makanan yang enak lagi, supaya gigi kita tetap terjaga kesehatannya? Ini tentu saja harus dilakukan, meskipun tidak di masa pandemi. Tapi, tetap saja ada masalah yang muncul karena seiring dengan bertambah usia, gigi juga akan mengalami pengeroposan, rentan berlubang, dan mungkin harus menjalani perawatan akar gigi. Sebersih apapun kita berusaha menjaga gigi kita, kunjungan ke dokter gigi seharusnya tetap dilakukan per enam bulan untuk mengecek keadaannya.

Jadi, apa yang harus dilakukan dalam keadaan ini? Apakah kita harus mengambil risiko tertular penyakit demi memeriksakan dan merawat gigi kita?

Untungnya hal tersebut tidak harus sampai terjadi. Pondok Gigi, klinik gigi di Jakarta Selatan, yang beralamat di Jalan Antasari 20B, Cipete, memberikan pelayanan yang mengurangi rasa khawatir kita akan penularan penyakit di masa pandemi.Tagline Home of The Best Dentists yang mereka usung bukan hanya sekadar promosi belaka, namun sekaligus menjadi harapan dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Tempat ini bahkan tidak hanya aman dan nyaman bagi orang dewasa, tetapi juga bisa dikunjungi oleh anak-anak tanpa rasa was-was karena suasananya yang bersih, higienis, namun tidak menghilangkan unsur homey.

Pelayanan para dokter yang merupakan lulusan dari berbagai Universitas ternama di seluruh Indonesia ini diupayakan semaksimal mungkin dengan pengalaman dan kompetensi di atas 5 tahun lebih. Meskipun berpengalaman dan kompeten, bukan berarti para dokter ini lantas menjadi petugas kesehatan yang kaku dalam melayani pasien. Diskusi dan obrolan antara dokter-pasien berlangsung seru, santai, bagai sahabat lama. Perawatan gigi lengkap tersedia di klinik ini, mulai dari pembersihan karang gigi, penambalan, pencabutan, estetika seperti dental bleaching, braces, veneer, atau implant. Bedah odontektomi, perawatan gusi, juga perawatan gigi anak juga menjadi menu utama pelayanan klinik ini.

Jadi, apalagi yang mencegah kita untuk menyelesaikan permasalahan gigi nyut-nyutan karena bolong dan menyebabkan bau tidak sedap? Kebersihan dan sterilisasi alat serta lingkungan di dalam dan di luar klinik seharusnya menjadi jaminan bahwa kita akan menyelesaikan sebuah masalah, yaitu masalah gigi, tanpa menimbulkan masalah baru, seperti tertular penyakit. Yang paling penting dalam pencegahan penularan penyakit adalah jagalah kesehatan dan stamina tubuh dengan baik agar sistem imun bekerja dengan maksimal dalam menangkal paparan atau infeksi kuman.